Pengertian komputer Bisnis

KOMPUTER BISNIS


Komputer berasal dari bahasa latin computere yang mengandung arti menghitung. Komputer adalah mesin serbaguna yang dapat di control oleh program, digunakan untuk mengolah datamenjadi informasi.
Untuk menunjukan konsepsi komputer sebagai pengolah data untuk menghasilkan suatu informasi, maka diperlukan sistem komputer (computer syistem) yang elemennya terdiri dari hardware, software dan brainware. Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk kesatuan.
Hardware atau perangkat keras : peralatan yang secara fisik terlihat dan bisa dijamah.
Software atau perangkat lunak : program yang berisi instruksi/perintah untuk melakukan pengolahan data.
Brainware : manusia yang mengoperasikandan mengendalikan sistem komputer.
Bisnis adalah pertukaran barang, jasa dan uang yang saling menguntungkan atau memberikan manfaat (skinner. 1992). Sedangkan menurut Hughes dan Kapoor dalam buku pengantar bisnis Dr. Buchari Alma, bisnis ialah suatu kegiatan usaha individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang atau jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Sehingga dapat disimpulkan dari beberapa pendapat ahli di atas, bisnis adalah usaha manusia dalam memenuhu kebutuhan melalui usaha produksi, perdagangan atau pertukaran barang atau jasa dan menambah nilai guna barang atau jasa.
Dari pengertian komputer dan bisnis di atas maka bisa disimpulkan apa yang dimaksud dengan komputer bisnis adalah perangkat (hardware dan software) yang digunakan sebagai alat bantuuntuk mengelola data menjadi informasi yang berguna bagi kegiatan bisnis atau usaha.


Komentar

Hali Cintia mengatakan…
Saya memang sedang mencari pengertian tentang komputer, saat ini saya sedang belajar ilmu komputer untuk bekal kuliah nanti.

Postingan populer dari blog ini

MOBILE LEGENDS : BANG BANG

RESEP COBEK IKAN GURAME